Berbagai Macam Pilihan Kain yang Cocok sebagai Bahan Pembuatan Kaos

Butuh jasa konveksi berkualitas? Klik di sini untuk mendapat solusi!

Kembali lagi dengan spesialis konveksi. Moga-moga coretan kali ini secara luas sukses menambah ilmu mengenai planet service konveksi.

Memilih kaos sebagai pakaian sehari-hari menjadi pilihan tepat karena nyaman untuk beraktivitas. Kaospun bisa terbuat dari berbagai macam kain yang mungkin ada beberapa orang tidak mengetahuinya. Padahal jika bahan tidak nyaman bisa saja kaos hanya akan terbuang sia-sia.

Maka dari itu sangat penting untuk mengetahui berbagai jenis bahan kaos demi kenyamanan saat memakainya. Produsen kaos tentu juga harus paham tentang berbagai macam bahan kaos. Dengan menggunakan bahan yang tepat produk akan memiliki banyak peminat.

  1. Cotton Combed atau Katun Combed

Bahan untuk membuat kain cotton combed adalah serat kapas dengan karakter benang yang halus, tidak berbulu dan rajutannya rapi. Ciri lain dari kain ini adalah mudah menyerap keringat dan tidak mudah kusut. Penyablonan juga akan mudah dengan menggunakan kain cotton combed. 

  1. Cotton Carded atau Katun Carded

Cotton carded memiliki bahan benang carded yang terbuat dari kapas atau cotton. Benang carded sendiri merupakan benang yang dibuat dengan proses carded atau garuk dengan mesin carding.

Serat benang pada kain ini tidak terlalu halus dan hasil rajutan tidak terlalu rata. Namun bahan ini juga bisa menyerap keringat dengan mudah serta tidak mudah kusut ataupun luntur. Proses penyablonan akan mudah dengan jenis bahan kaos terbaik ini.

  1. Viscose

Kain viscose terbuat dari bahan serat sintetis selulosa organik yang merupakan buatan manusia. Banyak orang yang menyebutnya sutra sintetis karena memiliki permukaan berkilau dan tekstur yang halus. Warna elegan pada kain ini dapat memberikan kesan yang mewah dan elegan.

Karena tekstur seratnya yang lembut kain viscose memberikan kesan dingin sehingga pemakainya tidak mudah kepanasan. Bahan ini memiliki berat yang ringan namun tetap kuat dan tidak mudah rusak. 

  1. Cotton Viscose

Kain cotton viscose terdiri dari 55 persen cotton combed dan 45 persen viscose. Kain ini memiliki susut pola atau shrinkage yang lebih kecil daripada kain katun. Kemampuan menyerap keringat yang baik membuat kain ini menjadi salah satu jenis bahan kaos terbaik.

  1. Polyester atau PE

Bahan utama dari kain polyester adalah bahan sintetis berupa fiber poly yang berasal dari minyak bumi. Kain ini memiliki serat yang lentur dan tidak mudah kusut. Daya serap keringat yang buruk sehingga membuat pemakainya mudah merasa panas. 

  1. Hyget atau Spandek

Kain hyget merupakan kombinasi dari bahan polyester dan katun. Kain ini biasanya cukup tipis namun memiliki kelenturan yang cukup baik. Termasuk kain dengan harga terjangkau dan sering digunakan sebagai kaos kampanye.

Kaos dengan bahan hyget tidak cocok untuk cuaca yang terik. Hal tersebut karena kain ini tidak memiliki daya serap keringat yang cukup baik. 

  1. Teteron Cotton atau TC

Bahan pembuatan kain TC adalah campuran serat alami dan serat sintetis, berupa 35 persen cotton combed dan 65 persen polyester. Termasuk jenis bahan kaos dengan harga terjangkau dengan kelebihan yang tidak mudah kusut maupun kuntur. Akan tetapi kain ini tidak mudah menyerap keringat sehingga pemakai akan mudah merasa panas.

  1. Cotton Slub

Bahan utama pembuatan kain ini adalah kapas sehingga menghasilkan kain yang lembut. Ciri dari kain ini adalah permukaannya yang tidak rata. Tekstur tersebut terbentuk karena proses pelintiran ketika produksinya.

  1. Cotton Tri-Blend

Bahan untuk menghasilkan kain ini adalah 50 persen polyester, 25 persen rayon, dan 25 persen katun. Kain ini memiliki kelenturan yang cukup baik. Ciri lainnya adalah tekstur yang lembut dan tidak mudah kusam.

  1. Cotton Bamboo

Untuk menghasilkan kain ini maka memerlukan campuran benang katun dan benang bambu dari pohon bambu pilihan. Kain ini memiliki tekstur yang lembut dan memiliki rasa sejuk untuk pemakainya. Daya serap keringat kain ini juga bagus sehingga cocok sebagai jenis bahan kaos terbaik.

  1. Cotton Supima

Cotton supima merupakan kain yang terbuat dari bahan katun superior hasil olahan kapas pima. Kapas pima sendiri merupakan hasil dari perkebunan di salah satu wilayah di Amerika Serikat yaitu Pima. 

Dari berbagai jenis bahan kaos tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tentukan jenis kain sesuai kebutuhan, kenyamanan, dan tentu saja anggaran yang ada. Untuk membuat kaos berbagai keperluan maka hubungi saja Ahli Konveksi yang tentu menyediakan berbagai macam pilihan kain.

Kami rasa ini dulu untuk edisi kali ini. Moga postingan ini sukses memahamkan mengenai jasa konveksi Bandung. Langsung saja hubungi kami jika Anda ingin memiliki kaos, topi, jaket, boneka, sweater, celana, tas, rompi, jersey, jas, baju, kemeja, blazer, dompet, polo, dst.

Butuh jasa konveksi berkualitas? Klik di sini untuk mendapat solusi!